5 Tradisi Unik Suku Toraja Yang Dikenal di Seluruh Dunia

Indonesia terkenal dengan keberagaman suku dan budayanya yang sangat banyak. Hampir setiap daerah mempunyai suku dan budaya masing-masing. Dari masing-masing suku dan budaya tersebut justru nama Indonesia semakin dikenal di dunia. Biasanya juga hampir setiap suku tersebut mempunyai kebiasaan yang sering dilakukan atau tradisi. Salah satunya ada suku Toraja yang mayoritas berada di daerah Sulawesi. Suku tersebut juga mempunyai tradisi unik suku toraja yang juga sangat dikenal di belahan dunia.

Keberadaan letak geografis Indonesia jugalah yang membuatnya menjadi terbagi-bagi menjadi beberapa macam suku. Tetapi justru perbedaan itulah yang membuat Indonesia semakin menyatu. Mau tau apa aja kira-kira tradisi unik suku Toraja tersebut? yuk langsung disimak aja yah artikel di bawah ini.

5 Tradisi Unik Suku Toraja

1. Rambu Solo

Tradisi unik suku toraja (4)

Suku Toraja memang terkenal dengan beragam tradisi yang sampai saat ini masih sering dilakukan. Salah satunya tradisi Rambu Solo. Rambu Solo merupakan tradisi pemakaman dari suku Toraja yang dilakukan untuk menghormati sekaligus mengantarkan arwah menuju alam akhirat melalui serangkaian ritual dan juga doa. Ritual tersebut diantaranya seperti pertunjukan seni, adu kerbau, hingga mengantarkan jenazah.

Tradisi ini biasanya bisa dilakukan hingga beberapa hari setelah kematian sang jenazah. Itu juga tergantung dari status sosial keluarga yang mengadakan tradisi Rambu Solo. Karena untuk mengadakan tradisi seperti ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan beberapa wisatawan lokal maupun mancanegara kadang kala sengaja datang jauh-jauh untuk melihat tradisi yang sangat terkenal di daerah Sulawesi ini.

2. Silaga Tedong

Tradisi unik suku toraja (2)

Tradisi unik suku Toraja yang biasa dilakukan selanjutnya yaitu Silaga Tedong. Silaga Tedong ini juga mempunyai arti adu kerbau yang juga merupakan salah satu bentuk ritual yang digelar dalam tradisi Rambu Solo. Tujuan dari tradisi ini sebenarnya untuk menghibur untuk keluarga yang sedang berduka dan juga sebagai ajang pertunjukan bagi semua orang yang datang untuk melayat.

Biasanya ritual Silaga Tedong ini diadakan di sebuah lapangan yang mempunyai tanah berlumpur atau becek. Tidak semua kerbau bisa digunakan dalam ritual ini. Ada persyaratan tertentu untuk kerbau yang bisa mengikuti ritual Silaga Tedong ini. Kerbau-kerbau itulah yang nantinya bila dijual mempunyai nilai harga yang sangat tinggi bagi pemiliknya.

3. Tinggoro Tedong

Tradisi unik suku toraja (5)

Sama seperti Silaga Tedong yang berhubungan dengan tradisi Rambu Solo. Tinggoro Tedong pun merupakan salah satu dari beberapa rangkaian ritual yang ada dalam Rambu Solo. Tinggoro Tedong sendiri merupakan proses ritual penyembelihan kerbau dengan cara menebas leher kerbau dengan satu kali tebas saja.

Hewan kerbau di dalam suku Toraja mempunyai arti yang tidak sembarangan. Menurut kepercayaan leluhur dari suku Toraja, kerbau adalah hewan tunggangan untuk arwah jenazah yang menuju alam akhirat. Jika anda pernah melihat salah satu ritual Tinggoro Tedong ini, mungkin yang ada di dalam benak anda adalah kesadisan ritual ini.

4. Ma’Nene’

Tradisi unik suku toraja (3)

Dari semua tradisi yang ada di dalam Suku Toraja, inilah salah satu tradisi yang cukup menyeramkan yaitu Ma’Nene’. Tradisi ini adalah mengganti pakaian jasad yang sudah lama dikuburkan dan juga merias wajahnya. Tradisi ini biasanya dilakukan setiap 3 tahun sekali, tepatnya setelah panen besar di bulan Agustus. Suku Toraja yang biasa melakukan tradisi ini biasanya dari masyarakat Desa Baruppu, Toraja Utara.

Jasad yang sudah lama dikuburkan tersebut lalu dikeluarkan dari petinya lalu dibersihkan oleh anak-anak dan juga cucunya. Selama proses pembersihan oleh keluarga itu berlangsung, para laki-laki biasanya membentuk lingkaran sambil menyanyikan lagu-lagu yang mengartikan kesedihan dan kenangan akan kehidupan jasad sebelum meninggal. Tujuan dari tradisi ini hampir sama dengan tradisi-tradisi diatas yaitu untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan.

Tidak semua dari suku Toraja bisa melakukan tradisi ini, biasanya hanya kalangan orang yang mampu saja yang melakukan tradisi ini. Karena untuk melakukan tradisi ini tidaklah sedikit uang yang dikeluarkan.

5. Sisemba

Tradisi unik suku toraja (1)

Tradisi unik selanjutnya yaitu Sisemba, yang artinya adalah permainan adu kaki yang dilakukan oleh kaum laki-laki mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya tradisi ini dilakukan untuk merayakan sesuatu seperti panen besar-besaran. Tempat untuk melakukan tradisi ini biasanya di sebuah lapangan terbuka yang mempertemukan dua kubu. Biasanya dua kubu tersebut berasal dari dua desa yang letaknya bersebelahan.

Dalam setiap kubu diisi oleh dua orang yang nantinya selama permainan dimulai harus saling berpegangan. Setelah itu, kedua kubu bergerak maju sambil melakukan tendangan ke arah kubu lawan.

Layaknya permainan pada umumnya, Sisemba juga mempunyai wasit yang bertugas untuk mengawasi jalannya permainan. Pasangan yang terlepas pegangannya tidak boleh diserang dan juga tidak boleh ada dendam setelah permainan ini berakhir.

Itulah beberapa tradisi unik suku Toraja yang cukup terkenal sampai ke belahan dunia. Anda berminat untuk menontonnya langsung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *